Home / berita terkini / Para Petinggi Sunda Empire Ditetapkan Sebagai Tersangka
Para Petinggi Sunda Empire Ditetapkan Sebagai Tersangka

Para Petinggi Sunda Empire Ditetapkan Sebagai Tersangka

Polda Jawa Barat telah menetapkan tiga petinggi Sunda Empire atau kekaisaran Sunda. Yang terakhir ditangkap adalah Ki Ageng Rangga Sasana di wilayah Tambun, Bekasi, Senin, 28 Januari 2020. “Ki Ageng Rangga Sasana sudah ditangkap pukul 15.00,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Saptono Erlangga saat menggelar konferensi pers di Gedung Ditkrimum Polda Jabar, Kota Bandung, Selasa, 28 Januari 2020.

Rangga ditetapkan sebagai tersangka kasus penyebaran berita bohong mengenai kekaisaran Sunda atau Sunda Empire. Sebelum Rangga, polisi juga telah menetapkan dua orang lainnya sebagai tersangka dalam kasus Sunda Empire.

Berikut adalah para tersangka itu:

  • Ki Ageng Rangga Sasana
  • Perdana Menteri Sunda Empire Nasri Bank
  • Kaisar Ratna Ningrum

Tiga tersangka tersebut yakni NB sebagai perdana menteri, RRN sebagai kaisar dan KAR atau Rangga sebagai Sekjen Sunda Empire.

Ditahan di Markas Polda Jawa Barat, ketiganya disangka melanggar pasal 14 dan atau 15 Undang-undang RI nomor 1 Tahun 1926. “Ancaman maksimal 10 tahun penjara,” kata Saptono.

Menurut keterangan polisi, Sunda Empire telah memilki simpatisan sebanyak seribu orang. Para simpatisan perkumpulan ini tersebar di seluruh Jawa Barat bahkan hingga Aceh.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga mengatakan, penetapan tersangka tersebut berdasarkan alat bukti dan sejumlah keterangan para ahli.

Erlangga mengatakan, ketiganya telah melakukan kegiatan-kegiatan yang mengatasnamakan Sunda Empire sehingga menyebabkan keresahan di masyarakat.

“Mereka meresahkan masyarakat dengan adanya pemberitaan di media sosial yang tidak jelas kebenarannya,” katanya, seperti yang dikutip dari laman Ayobandung.com.

Dia mengatakan, pengungkapan kasus ini berdasarkan laporan dari Budayawan Sunda M Ari Mulia. Menurutnya, 2 tersangka, NB dan RRN, saat ini telah diamankan di Mapolda Jawa Barat, sedangka KAR ditangkap di Tambun, Bekasi.

Erlangga menjelaskan, ketiga orang tersebut terancam pidana penjara maksimal 10 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Fakta Dibalik Kasus Pembuangan Bayi di Malang

Fakta Dibalik Kasus Pembuangan Bayi di Malang

Paska sang ibu yang diamankan pihak kepolisian lantaran harus menjalani serangkaian proses ...