Home / berita terkini / China Mulai Kembangkan Remdesivir, Obat Antivurus Corona
China Mulai Kembangkan Remdesivir, Obat Antivurus Corona

China Mulai Kembangkan Remdesivir, Obat Antivurus Corona

China tengah mengembangkan berbagai obat untuk virus corona. Salah satu yang diyakini bisa menyembuhkan pasien virus corona adalah Remdesivir.

China tengah mengembangkan berbagai obat untuk virus corona. Salah satu yang diyakini bisa menyembuhkan pasien virus corona adalah Remdesivir. Dilansir South China Morning Post (SCMP) (6/02/2020), China telah mengajukan permohonan untuk mematenkan obat tersebut. Jurnal Cell Research mencatat penelitian telah dilakukan di luar tubuh manusia dan menemukan bahwa senyawa remilei Gilead dan obat malaria kloroquine sangat efektif dalam pengendalian infeksi virus corona.

Nama obatnya adalah remdesivir. Remdesivir ini dibuat oleh Gilead Sciences Inc yang sebelumnya dipakai untuk menguji beragam penyakit seperti Ebola dan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome). Kabarnya temuan para ilmuwan menunjukkan kombinasi remdesivir dan chloroquine ketika diuji coba ke virus corona baru (2019-nCov) di laboratorium sangat efektif untuk memerangi virus corona baru.

Remdesivir pada awalnya dikembangkan oleh Gilead Sciences yang berbasis di AS untuk mengobati Ebola. Lalu diujikan kembali untuk mengobati pasien virus corona baru. Pasien coronavirus pertama di AS diketahui membaik setelah diobati dengan Remdesivir.

Hal itu diungkapkan oleh dokter yang menangani pasien tersebut dalam sebuah jurnal yang diterbitkan The New England Journal of Medicine pada pekan lalu. Gilead Sciences telah setuju dan mendukung Kementerian Kesehatan China untuk melakukan uji klinis. Saat ini, obat eksperimental Remdesivir makin dekat untuk disetujui sebagai pengobatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Fakta Dibalik Kasus Pembuangan Bayi di Malang

Fakta Dibalik Kasus Pembuangan Bayi di Malang

Paska sang ibu yang diamankan pihak kepolisian lantaran harus menjalani serangkaian proses ...